Senin, 09 Februari 2009

Bisnis Sambil Kuliah


Bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa, satu langkah lebih maju jika Anda telah punya keinginan untuk memulai sebuah usaha. Jika pandai-pandai memanfaatkan waktu tanpa mengganggu kegiatan perkuliahan, status sebagai mahasiswa bisa memberi nilai tambah bagi bisnis yang akan dijalankan.

Bangku kuliah merupakan tempat yang pas untuk mengasah kemampuan bisnis Anda. Pasalnya, modal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha muda bisa dikembangkan di sini. Modal terpenting apa yang harus dimiliki oleh seorang yang muda dan ingin berwirausaha? Pietra Sarosa, Managing Partner Sarosa Consulting Group melihat aspek seperti semangat, kerangka berpikir yang logis dan sistematis, kejelian menangkap dan menggarap peluang serta jaringan sebagai modal terpenting.

Menurut Pietra, banyak pengusaha pemula yang mengalami kegagalan disebabkan karena tidak adanya kerangka berpikir yang logis dan sistematis. Sementara, kegiatan studi di perguruan tinggi sepanjang dilakukan dengan benar sebenarnya sangat bermanfaat untuk mengembangkan kerangka berpikir logis dan sistematis.

Jadi tak harus ‘banting stir’, keluar dari perkuliahan untuk memulai bisnis. Justru tantangannya adalah bagaimana mencari peluang bisnis di lingkungan sekitar kampus dan menjalankannya dengan benar. “Syukur-syukur jika bidang bisnis yang dipilih memang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari, hasilnya seharusnya lebih bagus lagi,” kata Pietra.

Pemilihan bisnis yang akan dijalankan bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi pebisnis sebagai mahasiswa. Pietra memberikan beberapa rekomendasi bisnis yang bisa dipelajari terkait dengan kondisi tersebut. Pertama adalah bisnis yang memanfaatkan kelebihan mahasiswa yang unggul secara akademik. Untuk ini membuka kursus bahasa asing, jasa terjemahan, les privat, bimbingan belajar, kursus komputer, disain, atau sablon bisa dilakukan.

Mahasiswa juga bisa melirik bisnis yang memang dibutuhkan oleh banyak mahasiswa, karena dengan pasar sesama mahasiswa lebih mudah untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar. Pilihannya bisa membuka usaha warnet, rental computer, game center, toko atau rental buku, distro, bengkel modifikasi motor dan mobil misalnya.

Untuk memudahkan pengontrolan usaha agar tidak mengganggu waktu kuliah, bisnis yang dengan mudah dialihkan operasionalnya bisa jadi pilihan. Misalnya usaha fotocopy, wartel, warung makan, jasa cucian atau laundry, dan juga rental vcd/dvd.

Hanya saja untuk sukses menjalankan bisnis ada beberapa hal harus diperhatikan agar pemula sukses dalam berbisnis. Pietra mengatakan, konsep dan strategi bisnis yang jelas, konkrit, dan secara jangka panjang bisa mendorong kesuksesan sebuah bisnis. Selain itu kesuksesan bisnis juga didorong oleh pemasaran yang bagus, terutama dengan mengandalkan jaringan yang ada termasuk komunitas kampus. Anak gaul alias anak yang suka bergaul sangat bermanfaat di sini.

Pebisnis pemula sebaiknya membiasakan diri mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan yang rapi dan teratur. Dan yang pasti, menjaga kualitas produk atau jasa demi menjaga kepuasan pelanggan tentu sangat dibutuhkan. Disamping juga memiliki semangat untuk terus maju dan menjadi lebih baik, ulet, pantang menyerah, dan jeli melihat peluang.



Memupuk Jiwa Wirausaha Anak Sejak Dini
Banyak fasilitas saat ini bisa dimanfaatkan untuk memupuk jiwa wirausaha anak sejak dini. Orang tua berperan besar dalam membimbing dan mengarahkan buah hati.

Lebih Merdeka Menjadi Pengusaha
Ario memilih ‘banting stir’ menjadi pengusaha kapal tangkap ikan ketimbang sebagai dosen dan peneliti seperti profesinya yang dulu. Peluang yang diambil justru lautan yang sering dipandang sebelah mata oleh pebisnis

Cermat Mendefinisikan Keleluasaan Waktu dan Finansial
Membangun bisnis pribadi memberikan keleluasaan dalam hal waktu dan keuangan bagi wirausahawan muda. Namun jangan lupa, kesuksesan ada di tangan pebisnis.

Lebih Leluasa dengan Berbisnis
Bagi yang pernah mencoba sebagai pekerja dan mendirikan usaha sendiri tentu bisa membedakan ritme kerja kedua bidang. Pilih yang mana?

Ide Inovatif dari Yang Muda
Mereka membawa ide dan harapan bagi sebuah bisnis. Yang dibutuhkan kemudian adalah modal untuk menjalankan usaha.

Ada Karena Ide dan Keseriusan
Apa benar jiwa wirausaha itu bawaan dari lahir? Atau sebenarnya bisa dimiliki dengan mempelajari ilmunya? Tulisan berikut inspirasi bagi yang muda dan ingin berwirausaha.

Makin Kencang dengan Informasi
Tak cukup hanya mengandalkan nyali, wirausaha muda harus terus mengasah pikiran dengan berbagai informasi terkini terkait bisnis.

Berwirausaha, Kenapa Tidak?
Banyak faktor menghambat seseorang menjadi wirausaha muda. Keterbatasan pengetahuan dan minim sikap positif terhadap profesi jadi kendala.


Tidak ada komentar: