Sabtu, 28 Februari 2009

ni tugas loo...

Tugas 1

PROPOSAL USAHA

public relation

OF

THE GOLDEN GENERATION”

Disusun untuk Ujian tugas

Mata Kuliah public relation

Dosen : Bapak Darmo Budi suseno


Disusun oleh :

sugiarto


B 10 3070 045




AKP Widya Buana

Jl. Banjarsari No. 01 Pedalangan, Banyumanik, Semarang

2008



DAFTAR ISI



Halaman Judul

Daftar Isi

  1. Pendahuluan

  1. Latar Belakang

  2. Tujuan

  1. Bentuk Usaha

  2. Lokasi Usaha

  3. Target Pasar

  4. Strategi Pemasaran

  5. Faktor Pendukung dan Penghambat

  6. Bentuk Kerjasama

  7. Langkah Kerja

  8. Estimasi Anggaran

  9. Penutup

PENDAHULUAN
        1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin maju dan berkembang secara dinamis,apakah kita selaku manuasia apalagi mahasiswa bagaimana menjadi manusia yang bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Cakrawala dunia terbuka lebar, akses dunia terbuka lebar dengan cepatnya arus gelombang informasi yang semakin cepat tersampaikan, kemudahan serta kenyamaan adalah imbas dari itu semua. Untuk itu di zaman modern ini kita harus mempu menggunakan teknologi, bukanya menjadi menusia yang GAPTEK (gagap teknologi). Dalam perkembangannya di dunia usaha saat ini teknologi mempunyai peran penting. Dalam berusaha kita harus bisa berorientasi pada kewirausahaan dengan kita mampu beradaptasi dengan keadaan dunia yang serba canggih ini dan memiliki rasa tanggungjawab yang sepenuhnya akan resiko-resiko yang akan ditanggung, kreatif dalam menentukan sesuatu, serta mempunyai keistimewaan sebagai bentuk perbedaan dengan usaha-usaha lainnya. Karena derasnya kompetisi dalam kancah usaha menjadi hal yang tetap harus dihadapi. Pada kegiatan usaha pada dasarnya peluang itu banyak sekali dan itu adalah tugas para wirausahawan untuk bagaimana mampu melihat peluang dan bisa memberikan keputusan secara tepat dan cepat menindak lanjuti peluang yang ada.

Peluang-peluang usaha untuk saat ini banyak sekali, seperti halnya buku-buku yang dibutuhkan oleh sekian banyak orang.tinggal kita bisa apa tidak menciptakan Peluang-peluang usaha tersebut dengan kreatifitas kita. untuk itu,kami bermaksud mendirikan usaha beternak ”BELUT dan LELE”. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada dengan menggunakan toko Online sebagai sarana untuk memasarkan hasil ternak kami ataupun produk yang kami jual selain dengan menggunakan manual strategi. Toko online ini akan bekerja bersama komunitas-komunitas toko online yang sama dan mampu bersaing di dunia usaha hasil ternak.Dengan sarana dan fasilitas yang ada pada toko online,kita bisa memanfaatkan dan meggunakannya untuk kepentingan bisnis Usaha.Untuk lebih jelasnya, proposal ini akan menerangkan tentang profil, bentuk usaha serta kegiatan-kegiatan yang ada dalam Usaha kami.


        1. Tujuan

Tujuan dan maksud dari usaha ini adalah

          1. Menambah pendapatan (income)

Usah ternak ini dengan pangsa pasar masyarakat dan dengan didukung pemasaran melalui Toko online menjadi sesuatu usaha yang memiliki target pasar dunia sehingga, apabila toko online ini menjadi perusahaan yang maju bisa menambah atau meningkatan pendapatan (income).Pendapatan (income) akan lebih optimal jika didukung dengan produktifitas yang tinggi dan pemasaran produk yang luas.

          1. Menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat

Dengan adanya toko online perusahaan ini membuka bagi para merketing baru ataupun para tengkulak, untuk memasarkan produk ataupun mengambil hasil ternak kami nanti,. Tentunya untuk menjadi tenaga kerja yang menawarkan produk lewat toko online harus di dukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tinggi dan handal sehingga mampu melakukan langkah kerja dari awal sampai akhir dengan baik,termasuk di dalamnya melakukan proses transaksi dengan konsumen/ pelanggan.

          1. Mengurangi jumlah pengangguran

Usaha beternak BELUT dan LELE ini mengambil BIBIT ataupun benih langsung dari Supliyer atau paternak khusus pembibitan yang didalamnya memang sangat banyak tersedia (disediakan) khusus untuk pembibitan.sehigga Insya alloh dengan Usaha ini kedepan berhasil dan membesar akan menjawab dan memebantu masyarakat untuk mengatasi masalah pengangguran (kebutuhan akan tenaga kerja )

          1. Meningkatkan perekonomian masyarakat

Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Usaha ini ikut andil karena usaha ini mampu mengurangi pengangguran, serta dapat meningkatkan pendapatan di masyarakat(jika sudah berhsil dan besar maka akan butuh karyawan banyak Ya..Ngga..?).

          1. Meningkatkan laba yang optimal

Toko online sebagai bentuk toko abstrak, dijadikan sebagai media untuk mendukung dalam memasarkan ataupun menjual produk yang lebih besar, sehingga laba yang diperoleh juga akan optimal.

f. Memberikan pelayanan terbaik & Mendapatkan pelanggan setia.

Sebagai bentuk beda / diferensial dalam Usaha ini, kami Dengan megedepankan pelayanan,mutu serta kualitas produk yang akan dijual lewat toko online,maka konsumen cenderung akan percaya terhadap produk kita dan konsumen mau untuk menjadi pelanggan setia kita.Dengan memperoleh pelanggan yang setia,maka ini merupakan salah satu langkah awal yang baik dalam marketing.

g. Mendapatkan Relasi / jejaring untuk pengembangan usaha

Di samping menjual produk berupa tas kepada konsumen lewat toko online,salah satu tujuan dari usaha ini juga mancari relasi / jejaring guna untuk mengembangan produk,mendapatkan rekan bisnis yang baru sehingga dapat menambah informasi dan pengalaman yang baru tentang usaha yang akan kita kembangkan ke depan.

  1. Bentuk Usaha

Usaha ini berbentuk peternakan dari dua jenis yakni BELUT dan IKAN LELE yang kami kelola di lahan atau area peternakan yang lumayan luas


  1. Lokasi Usaha

Perusahaan kami berada di Jln. Kudus –Jepara KM 20 yang memiliki lahan +- 50 M didaerah kudus yaitu lahan perkebunan dibelakang rumah dan dengan Cabang di Pecangaan Jepara dengan lahan yang hampir sama pula.

  1. Target Pasar

Pelanggan yang menjadi sasaran yaitu seluruh masyarakat pada umumnya yang memungkinkan adanya Peluang-peluang usaha,selain itu yang menjadi pangsa pasar kami adalah Semua warung-warung makan, warung lesehan (angkringan atau kucingan),dan warung tempe penyet(Khusus BELUT PENYET) serta toko-toko dan warung makan dengan model dan dalam kemasan menjadi keripik Belut dan tidak menutup kemungkinan para pengguna internet, komunitas masyarakat secara umum di kota kudus-jepara dan sekitarnya..

Strategi Pemasaran

  • Menciptakan kebutuhan masyarakat akan Belut dan Lele itu sendiri..

  • Mengikuti selera pasar yang berkembang dikomunitas pasar, sebagai pemenuhan terhadap selera pasar( misalkan dalam kemasan beda).

  • Mengetahui partner dan kompetitor bisnis.

  • Menciptakan kemasan yang menarik ”semisal: kripik Belut”


  1. Faktor Pendukung dan Penghambat

        1. Faktor Pendukung

          1. Tersedianya penyedia /supliyer khusus pembibitan belut dan lele

          2. Produktifitas hasil ternak yang tinggi sehingga pemasaran meningkat.

          3. Penggunaan teknologi yang canggih dalm menunjang hasil yang optimal.

          4. Fakt Tersedianya penyedia /supliyer khusus pembibitan belut dan lele

        2. Penghambat

          1. Kurang Tersedianya penyedia /supliyer khusus pembibitan belut dan lele

          2. Banyaknya pesaing atau kompetitor

          3. Perubahan selera masyarakat terhadap belut atau lele

          4. Produktifitas hasil ternak yang kurang maksimal .


  1. Bentuk Kerjasama

Kami menawarkan kerja sama dengan investor-investor yang akan menamamkan modal usaha kepada Usaha kami. Adapun bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :

  1. Investor memberikan kebebasan terhadap Usaha kami untuk mendapatkan laba yang maksimal.

  2. Apabila stok produk tas di perusahaan kami sudah hampir habis,maka supliyer khusus pembibitan belut dan lele bersedia untuk mengirim produk sesuai dengan pesanan kami.

  3. Perusahaan kami bekerjasama dengan investor untuk menanamkan modalnya diperusahaan kami guna untuk membiayai biaya operasional perusahaan. penbagian keuntungan sesuai dengan perjanjian perusahaan kami dan investor.

  1. Langkah Kerja

        1. Pembuatan Proyeksi usaha /proposal

        2. Pembuatan Website (sebagai toko online)

        3. Memotret produk dan mengupload ke Komputer dan dimasukan lewat internet lengkap dengan harga jual

        4. Pemasangan iklan dan profil usaha

        5. Melakukan transaksi dengan konsumen lewat internet

        6. Pelayanan yang baik terhadap konsumen


  1. Estimasi Anggaran

Biaya Operasional beserta pengadaan kelengkapan

        1. Biaya Penggalian lahan/Macul( tenaga kerja) Rp. 500.000,00

        2. Biaya Terpal /semen Rp. 500.000,00

        3. Biaya Pembibitan Rp. 1.000.000,00

        4. Biaya Pengelolaan dll Rp. 500.000,00

Jumlah Rp. 2.500.000,00


  1. Penutup

Demikian proyeksi usaha ini disampaikan, dengan harapan investor–investor dapat menanamkan modal atau sahamnya pada Usaha ternak belut dan lele yang akan kami kelola ini. Dan dengan besar harapan kami ini dapat memberikan manfaat bagi pedagang atau masyarakat Tercapai segala tujuan-tujuan yang di harapkan dan mampu menjadi penopang meningkatnya pendapatan dan menjadikan perokonomian masyarakat menjadi seeimbang. Atas segala bantuan dan partisipasinya yang diberikan, baik dorongan material maupun spiritual kami ucapkan Terima Kasih.


Tugas 2

DATA BASE MEDIA KOTA SEMARANG


By:Nor Achmad zaini”Golden Generations”



NO

NAMA

MEDIA

TELPON

1

HARI SUSILO

KOMPAS

081572678780

2

DIKY

SUARA MERDEKA

08156501844

3

ANTON

JAWA POS

081325343556

4

ARYO

MEDIA INDONESIA

081329594734

5

ARIF

MEDIA ONLINE

08568610140

6

DIDIK

MEDIA ONLINE

0817247730

7

PAIDI

WAWASAN

0248413528

8


GEDUNG PERS JATENG


9

EKO PRIYANTO

RRI

08122826792

10

BENO

TPI

08122908639

11

DANANG

TRANS TV

0816602727

12

JOKO

ANTV

02470202474

13

LiLik

{/MbJOJO/Heny}

TV KU

02433121135













NAMA WARTAWAN MEDIA

B.NAMA STASIUN TELEVISI JAWA TENGAH

Stasiun Televisi


Alamat

Kota

Situs Web”

TVRI Semarang


Jln. Pucang Gading,Semarang

Semarang



http://www.



TV Borobudur


Jl.Pasar Johar {Gd.Lt 5}

Semarang

http://www.tvborobudur.com

TVKU


Jl.Nakula {Kampus Udinus}

Semarang

http://tvku.dinus.ac.id

INDOSIAR,ANTV, RCTI


Jl.Bukit gombel

Semarang

http://www.



TRANS TV,MATARAM CAKRAWALA TV


Jl.Bukit gombel

Semarang

http://www.

Pro TV



Semarang

http://www.:

Cakra Semarang TV


Jl. Batur No. 15, Gajah Mungkur, Semarang

Semarang

http://www.

Karesidenan TV


Magelang

Magelang

http://www.

Terang Abadi TV (TATV)


Solo

Solo

http://www.

Ratih TV


Kebumen

Kebumen

http://www.



Televisi Tegal (TVT)


Tegal

Tegal

http://www.



BMS TV


Banyumas

Banyumas

http://www.














Tidak ada komentar: